Selamat Datang di Pondok Pesantren Teknologi

18 Maret 2017
03:31:57 WIB

Pondok pesantren Nur El Falah didirikan pada tahun 1943 oleh Almarhum KH.Abdul Kabier (tokoh pendidikan banten) di kp. Kubang Ds.Kubang Jaya Kec.Petir Kab. Serang Banten. Pendirian pondok pesantren di mulai setelah KH. Abdul Kabir belajar di berbagai pondok pesantren di tanah Jawa dan menurut pengakuan beliau pernah mendapat bimbingan lebih dari 40 kyai  khususnya dari Hadratusyaikh KH.Hasyim Asyari (Pendiri Nahdlatul Ulama) perjuangan KH. Abdul Kabier dalam mendirikan pondok pesantren sempat mengalami masalah karena keberanian beliau melawan penjajahan belanda pada agresi militer 2 sehingga pada tahun 1948 pondok pesantren pernah di bakar dan di bumi hanguskan oleh belanda karena di anggap sebagai sarang pemberontakan.

Setelah pondok pesantren di bumi hanguskan belanda KH. Abdul Kabier di minta oleh Kerisidenan Banten KH. Tubagus Ahmad Khotib untuk menjadi wedana di Pamarayan dan Ciomas kemudian pada pemilu pertama tahun 1955 KH. Abdul Kabier diminta NU untuk menjadi anggota konstituante mewakili Partai NU untuk merumuskan Dasar Negara hingga dibubarkannya Konstituante oleh Presiden Soekarno tahun 1959.

Pada Tahun 1959 beliau kembali merintis Pondok Pesantren yang pernah di bumi hanguskan belanda dengan membuka pendidikan formal Mualimin, keputusan beliau mendirikan pendidikan formal pondok pesantren banyak di tentang oleh kiyai kiyai sekitar karena pendidikan formal masih sangat tabu untuk kalangan pesantren saat itu, namun keistikomahan beliau dalam memperjuangkan falsafah hidup beliau “mengintelekan ulama dan mengulamakan intelek” kini dilanjutkan oleh putra putri dan cucu-cucu beliau sehingga pondok pesantren saat ini memiliki lembaga lembaga pendidikan formal seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Tinggi Agama Islam KH. Abdul Kabier (STAIKHA).  

Google Search

Berita Terpopuler

Alhamdulilah Musabaqoh Kitab Kuning 2017 yang di selenggarakan di
Kunjungan Menteri Agama Republik Indonesia di Ponpes Nur El Falah

Facebook Fanpage

Banner